Cegah Kekurangan Mineral Pada Ternak, KKN UNDIP di Desa Mandiraja Gelar Pendampingan Pembuatan Mineral Blok Supaya Ternak Ruminansia Tidak Kekurangan Nutrisi

Mandiraja, Kabupaten Pemalang (3/02/2023) Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro 2022/2023 dari Program Studi Peternakan melakukan demonstrasi pembuatan mineral blok kepada warga desa Mandiraja yang memiliki ternak ruminansia. Pelatihan diawali dengan memberikan penjelasan terkait pentingnya unsur mineral dalam pakan ternak serta dampak yang muncul apabila ternak kekurangan mineral. Selanjutnya mahasiswa mencontohkan secara langsung kepada para peternak pembuatan mineral blok dari bahan yang mudah di dapat. Bahan tersebut antara lain garam, ultra mineral, semen, molases (tetes tebu), dan air. 

Mineral blok merupakan suplemen yang mengandung berbagai macam mineral dan vitamin sehingga diharapkan dapat berfungsi meningkatkan nafsu makan dan terhindar dari defisiensi mineral. Mineral blok diberikan secara jilatan agar ternak dapat mengatur sendiri kebutuhannya.  

Kegiatan pembuatan mineral blok dilaksanakan di rumah salah satu warga desa Mandiraja pada hari Kamis 2 Februari 2023. Selain sosialisasi dan praktik pembuatan mineral blok Mahasiswa KKN UNDIP juga melakukan penempelan poster. Tujuan dari penempelan poster ini agar menarik perhatian warga sehingga diharapkan warga dapat melihat dan mengetahui manfaat serta tata cara pembuatan mineral blok yang telah dijelaskan secara ringkas dalam bentuk poster. 

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Desa Mandiraja berharap dengan memberikan sosialisasi dan praktik pembuatan mineral blok dapat meningkatkan sektor peternakan dan bisa menjadikan sektor peternakan Di desa Mandiraja lebih maju serta ternaknya bisa menjadi sumber ketahanan pangan untuk desa.  

Penulis: Juwita Tifani_23010119120057_ Peternakan 

DPL : Muhammad Arief Zuliyan S. IP., LL. M 

Lokasi Desa : Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah  

#KKNUndip #P2KKN #LPPMUNDIP # UNDIP 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *