Mahasiswa KKN UNDIP ajak anak sekolah lakukan Gerakan Minum Susu

Mandiraja, Kabupaten Pemalang (25/01/23) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata TIM I Universitas Diponegoro 2022/2023 dari Program Studi Peternakan melakukan sebuah program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak-anak tentang pentingnya minum susu dengan dilakukannya sosialisasi pentingnya minum susu di SD N 2 Mandiraja.  

Susu merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh setiap orang di segala usia. susu mengandung beragam nutrisi penting yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi susu yaitu untuk menunjang tumbuh kembang anak, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekuatan otot dan fungsi otak serta meningkatkan kekebalan tubuh sehingga penting dikonsumsi khususnya dimasa pandemi seperti tahun lalu. 

Di masa pertumbuhan seperti di usia SD anak sedang dalam masa aktif dimana sering melakukan banyak kegiatan. Oleh karena itu, diperlukannya pemberian asupan makanan yang sehat dan seimbang untuk menjalankan aktivitasnya. Konsumsi susu sejak dini dapat memperkuat pertumbuhan tulang sehingga menjadikan tulang semakin padat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Hal itu dikarenakan didalam susu terdapat kandungan Vitamin D, Vitamin C, Fosfor, Zat Besi, dan Protein yang sangat diperlukan manusia terutama dalam masa pertumbuhannya. 

Dengan diadakannya sosialiasi ini, harapannya anak menjadi tahu dan sadar pentingnya minum susu. Anak dapat mengkonsumsi susu secara rutin yaitu pada saat pagi hari ketika sarapan yang dapat meningkatkan konsentrasi anak, dapat membantu perkembangan belajar anak karena mampu menyerap informasi di sekitarnya lebih baik. Selain itu, kandungan protein pada susu pun dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga anak tidak mudah lapar hingga waktu makan siang tiba. Waktu terbaik selanjutnya yaitu malam hari menjadi waktu yang tepat anak minum susu, terutama menjelang waktu tidur. Hal ini membuat kalsium dari susu dapat diserap secara maksimal untuk menguatkan tulang anak. 

 Respon dari pihak sekolah baik siswa, dan guru menyambut baik dan berantusias akan kedatangan sosialisasi kami karena menambah pengetahuan atau ilmu baru tentang pentingnya minum susu di usia dini. 

Penulis: Juwita Tifani_23010119120057_ Peternakan 

DPL : Muhammad Arief Zuliyan S. IP., LL. M 

Lokasi Desa : Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah  

#KKNUndip #P2KKN #LPPMUNDIP # UNDIP 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *