Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2023 Berikan Ilmu Kilat Membuat Rancangan Anggaran Biaya 

Foto Bersama Antara Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP 2023 dengan Perangkat Desa Mandiraja (27/01/2023) – Dok. Pribadi 

Mandiraja, Kec.Moga, Kab. Pemalang (27/01/2023), Desa Mandiraja memiliki banyak rencana pembangunan yang akan dilakukan di desa tersebut. Rencana pembangunan ini tidak lepas dari pembuatan proposal yang akan di ajukan ke pemerintahan kecamatan dan kabupaten. Proposal tersebut dibuat dengan tujuan pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Mandiraja nanti di mendapatkan bantuan dana dari APBD kabupaten. Tentu proposal tersebut wajib memiliki Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang cukup jelas, 

Para pejabat desa mengungkapkan bahwa mereka kesulitan membuat RAB setiap kali mereka ingin menyusun proposal pembangunan untuk desa mereka. Kondisi yang telah diceritakan menginspirasi mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP 2023 menawarkan program edukasi pembuatan rancangan anggaran biaya kepada para pejabat desa. Pelaksanaan program ini dimulai dengan mahasiswa meminta salah satu rencana pembangunan yang akan dilakukan di Desa Mandiraja.  

Mahasiswa memberi gambar rencana terkait bangunan yang akan dibangun dan membuat RAB dari bangunan tersebut. Mahasiswa melaksanakan kegiatan edukasi pembuatan RAB pada hari Jumat, 27 Januari 2023. Mahasiswa menjelaskan definisi RAB dan memberikan penjelasan terhadap RAB salah satu jenis pekerjaan dari bangunan tersebut. Mahasiswa tersebut juga memberikan modul terkait pembuatan RAB tersebut. Mahasiswa juga meminta para peserta yaitu para pejabat desa ikut membuat RAB pekerjaan bangunan lainnya sehingga para pejabat memahami proses pembuatannya. 

Para pejabat desa selama proses edukasi berlangsung mencoba membuat RAB mereka sendiri untuk pekerjaan bangunan lainnya dan cukup aktif bertanya ketika mereka dalam kebingungan. Hal ini membuat proses edukasi berlangsung dengan baik dan seru. 

Kegiatan Edukasi Pembuatan RAB di Balai Desa Mandiraja (27/01/2023) – Dok. pribadi  

Para pejabat desa berharap dengan adanya program edukasi pembuatan RAB ini mereka dapat membuat proposal pembangunan mereka dengan baik dan memenangkan bantuan dana APBD untuk pembangunan desa mereka. 

Oleh : Jonathan Tanudjaya 

Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UNIVERSITAS DIPONEGORO 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *