“Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Menunjukkan Dedikasi untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Kreatif Sejak Dini di Desa Mandiraja”  

Mandiraja, Kec. Moga, Kabupaten Pemalang (24/01/2023) – Mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan edukasi untuk anak-anak di Desa Mandiraja dalam meningkatkan literasi keuangan kreatif sejak dini. Program KKN ini  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak di desa tersebut tentang pengelolaan keuangan melalui tabungan. 

Poster Literasi Keuangan Kreatif Sejak Dini dengan Menabung 

Warga Desa Mandiraja memiliki banyak anak-anak dengan tingkat ekonomi yang rendah dan pendidikan akutansi yang kurang. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan dalam mengelola keuangan dengan baik. Mahasiswa Undip memahami permasalahan ini dan memutuskan untuk membantu anak-anak di Desa Mandiraja dengan memberikan pendidikan tentang pengelolaan keuangan. 

Mahasiswa Undip membantu anak-anak di Desa Mandiraja memahami pentingnya pengelolaan keuangan dan membantu mereka memulai tabungan, juga membantu anak-anak memahami cara mengelola uang dan mengelola keuangan dengan baik. 

Mahasiswa Undip juga membantu anak-anak di Desa Mandiraja memahami konsep dasar keuangan dan bagaimana mengatasi masalah keuangan yang mungkin mereka hadapi. Mereka memastikan bahwa anak-anak memahami cara menggunakan tabungan dan memastikan bahwa mereka dapat mengelola keuangan dengan baik. 

Foto Bersama Anak Sekolah Dasar SDN 01 Mandiraja  

Tabungan yang dimiliki Anak Sekolah Dasar SDN 01 Mandiraja 

Anak-anak di Desa Mandiraja sangat antusias untuk memulai tabungan dan mempelajari tentang pengelolaan keuangan. Dengan adanya program ini, mereka dapat membangun kebiasaan baik dalam mengelola keuangan sejak dini dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keuangan. 

Dengan adanya program ini, sangat diharapkan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif bagi anak-anak di desa mereka dan membuka wawasan mereka mengenai pentingnya literasi keuangan sejak dini, serta program ini akan menjadi awal bagi pemerataan pembangunan dan memberikan akses yang lebih luas bagi anak-anak untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan keuangan. Harapan masyarakat ini juga diikuti oleh Mahasiswa Undip yang berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk melakukan kegiatan serupa dan membantu masyarakat lain. 

Penulis : Nadya Fahriza Febriana / Akuntansi Perpajakan / Sekolah Vokasi 

Dosen Pembimbing : 

Muhammad Arief Zuliyan S.IP., LL.M 

Lokasi Desa : Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. 

#KKNUndip #P2KKN #LPPMUNDIP #UNDIP 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *