Mahasiswa UNDIP Melakukan Pemetaan Administrasi Desa Mandiraja 

Mandiraja, Kabupaten Pemalang (03/02/2023) – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim I Tahun 2023, mahasiswa Teknik Geodesi memanfaatkan ilmu Geodesi sebagai program di Desa Mandiraja, program tersebut yaitu membuat peta desa. Pembuatan peta dilakukan karena belum adanya pemetaan administrasi desa secara fisik maupun digital. Peta administrasi sangatlah penting bagi pemerintah suatu daerah sebagai visualisasi batas daerah, penentuan batas pelayanan masyarakat, perencanaan pembagunan, dan lain sebagainya. 

Validasi Peta Didampingi Perangkat Desa 

Peta administrasi dapat dimanfaatkan dalam monitoring kondisi desa sampai pada lahan yang digunakan. Misalnya daerah persawahan, ladang, pemukiman, perkebunan, yang dapat diketahui juga luas setiap lahannya. Ini sangat berguna bagi pihak desa dalam membantu agar memiliki data acuan yang dapat digunakan dalam pembangunan nantinya. 

Peta Desa Mandiraja Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang 

Pembuatan peta disesuaikan dengan kaidah pembuatan peta. Sumber data yang digunakan dalam pembuatan peta yaitu Citra Satelit sebagai base map, batas administrasi yang bersumber dari Ina-Geoportal, serta hasil survey toponimi secara langsung.  

Penyerahan Peta Desa kepada Perangkat Desa Mandiraja 

“Adanya program KKN dari Universitas Diponegoro ini dari pihak desa merasa terbantu karena memiliki peta fisik yang terbaru sehingga memiliki pegangan peta desa dalam bentuk fisik maupun digital yang memudahkan dalam perencanaan pembangunan dan perhitungan ukuran dalam perencanaan” Ungkap Pak Imron selaku perangkat Desa Mandiraja. 

Penulis: Izzah Zakiyatur Rahmah / Teknik Geodesi / Fakultas Teknik 

Dosen Pembimbing: 

  1. Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum. 
  1. Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc. 
  1. Muhammad Arief Zuliyan, S.IP., LL.M. 

Lokasi: Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang  

#KKNUndip #P2KKN #LPPMUNDIP #UNDIP 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *