Mahasiswa KKN Undip Tim I Membantu Membuatkan Piramida Penduduk Guna Memperoleh Gambaran Kondisi Kependudukan

D:\Kuliah Series\Semester 7\KKN\Mono Disiplin\Modul Piramida Penduduk\Reportase\Poster Piramida Penduduk.png

Poster Piramida Penduduk Desa Mandiraja

Mandiraja, Kec. Moga, Kab. Pemalang (30/01/2023) – KKN TIM 1 Universitas Diponegoro resmi diterjunkan mulai tanggal 3 Januari 2023 dan dilakukan selama 45 hari sampai tanggal 16 Februari 2023. Pada tahun ini KKN dilakukan kembali secara offline, seperti tahun tahun sebelum adanya pandemi Covid-19. Pada kesempatan ini, penulis menjalankan tugasnya di Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. 

Melihat dari perencanaan pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, data kependudukan memiliki peran yang sangat penting. Dengan adanya data kependudukan, suatu daerah dapat menentukan kebijakan yang tepat di masa yang akan datang. Sehingga disadari atau tidak data kependudukan mampu mempermudah pemerintah daerah untuk menyusun dan menentukan suatu kebijakan. 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis, belum terdapat papan informasi yang menunjukkan data mengenai jumlah penduduk dan struktur usia di Desa Mandiraja. Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk membuat program modul piramida penduduk sebagai solusi atas permasalahan tersebut. 

Program ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi keterbatasan informasi mengenai penyebaran penduduk di Desa Mandiraja. Piramida Penduduk merupakan suatu grafik mengenai susunan penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin. Dari piramida tersebut dapat diketahui karakteristik suatu penduduk. 

Program kerja dimulai dengan  pengambilan data di rumah perangkat desa, yaitu mengambil data jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin dan dalam rentang usia tertentu. Setelah mendapatkan data tersebut kemudian akan diolah menggunakan program aplikasi Microsoft Excel sehingga diperoleh piramida penduduk yang sesuai. 

D:\Kuliah Series\Semester 7\KKN\Mono Disiplin\Modul Piramida Penduduk\Reportase\WhatsApp Image 2023-02-04 at 11.15.24.jpeg

Pemaparan Modul Piramida Penduduk kepada Perangkat Desa

Penulis menyampaikan bahwa program modul piramida penduduk ini akan sangat berguna bagi perkembangan perencanaan pembangunan di Desa Mandiraja. Melalui program ini, perangkat desa dapat memahami dan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia di Desa Mandiraja. 

Perangkat Desa Mandiraja menyampaikan rasa terima kasihnya atas program modul piramida penduduk yang diterapkan oleh tim KKN. Menurut beliau, program ini sangat membantunya dalam memahami dan mengolah informasi mengenai jumlah penduduk dan struktur usia di Desa Mandiraja. 

“Sebelum program ini diterapkan, kami kesulitan dalam memahami dan mengolah informasi mengenai jumlah penduduk dan struktur usia di Desa Mandiraja. Namun, setelah program modul piramida penduduk ini diterapkan, kami dapat memahami dan mengolah informasi dengan lebih mudah,” ungkap Perangkat Desa Mandiraja. 

D:\Kuliah Series\Semester 7\KKN\Mono Disiplin\Modul Piramida Penduduk\Reportase\WhatsApp Image 2023-02-04 at 11.17.21.jpeg

Penyerahan Modul dan Poster Piramida Penduduk kepada Perangkat Desa di Balai Desa

Pada kesempatan tersebut, penulis melakukan sosialisasi program modul piramida penduduk kepada perangkat desa di Balai Desa Mandiraja. Dalam sosialisasi tersebut, penulis menjelaskan bagaimana cara menggunakan dan memahami modul tersebut. 

Program modul piramida penduduk ini diterima dengan baik oleh perangkat desa, Desa Mandiraja. Mereka berharap program ini dapat menjadi solusi atas permasalahan informasi penduduk di Desa Mandiraja. Dari pembuatan modul ini, penulis berharap agar dimasa yang akan datang perangkat desa dapat membuat piramida penduduk sendiri. Selain membuat modul, penulis juga membuat poster yang berisikan informasi penyebaran penuduk yang kemudian diserahkan kepada Balai Desa Mandiraja.

Oleh : Nauval Gallant Baihaqi 

Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *